Selasa, 30 Juni 2015

Makalah Negara Italia



Makalah Negara Italia

 
Disusun:
Syahreza Amri Wildan
 (1113015000107)
4A


FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN  KEGURUAN
PENDIDIKAN  ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

Tahun Ajaran 2014/2015




Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam yang telah mencurahkan segala nikmat-Nya kepada kita semua sehingga sampai detik ini kita dapat terus menuntut ilmu dalam rangka melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim. Sholawat seiring salam semoga tercurah limpahkan kepada Nabi akhir zaman yaitu Nabiyina wasyafi’inaa wamaulana Muhammad saw. Makalah ini berisi tentang deskripsi atau gambaran mengenai Negara Italia. Dimana dalam pembahasan kali ini menjelaskan tentang sejarah berdirinya, letak geografis, bentang alam dan keadaan yang ada di Negara tersebut. Tentunya makalah yang kami buat ini masih jauh dari kata sempurna, untuk itu kami menerima saran dan kritik demi terciptanya makalah yang lebih baik di lain kesempatan.
Akhir kata kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penyusunan makalah ini, semoga makalah ini bermanfaat khususnya bagi kami dan umumnya bagi rekan-rekan dan atau civitas akademika yang ingin terus belajar.




Jakarta, 20 Juni 2015


Penyusun



BAB I
PENDAHULUAN
 Latar Belakang
Italia resminya Republik Italia (bahasa Italia: Repubblica italiana, merupakan sebuah negara kesatuan yang berbentuk republik dengan corak parlementer dibagian Eropa Selatan. Negara Italy adalah termasuk paling tua didunia, negara ini terletak dibagian selatan benua Eropa, bentuk negara ini seperti sepatu boot dengan 2 pulau besarRoma ialah ibukota Italia, berabad-abad lamanya, Italia juga merupakan ibu kota kaisaran romawi , setelah jatuhnya kekaisara romawi, italia terus di serang oleh bangsa bangsa lain, Lalu italia terecah menjadi beberapa kota dan negara.
Italia secara astronomi terletak 41°54′ LU 12°29′ BT. Italia terdiri dari semenanjung besar yang menyerupai sepatu boot yang memanjang ke Laut Mediterania, bersama dengan dua pulau besarnya Sisilia dan Sardinia. Di timur-laut adalah Laut Adriatik, di tenggara Laut Ionia, kemudian Laut Tirenia di barat-daya dan Laut Liguria di barat-laut. Fasisme adalah suatu paham yang mengedepankan bangsa sendiri dan memandang rendah bangsa lain.

Rumusan Masalah
1. Bagaimana sejarah berdirinya Negara Italia?
2. Seperti apa letak georgafis dan astronomis Negara tersebut?
3. Bagaimana keadaan perekonomian di sana?
4. Bagaimana kependudukan di Negara tersebut?
5. Seperti apa keadaan bentang alam yang ada di sana?

Tujuan dan Manfaat
1. Kita dapat mengetahui latar belakang berdirinya Negara Italia
2. Memberikan pengetahuan dan gambaran mengenai keadaan yang ada Negara tersebut
3. Kita dapat mengetahui potensi apa saja yang berkembang di sana




BAB II
PEMBAHASAN

Sejarah Berdirinya Negara Italia  
     Italia resminya Republik Italia (bahasa Italia: Repubblica italiana, merupakan sebuah negara kesatuan yang berbentuk republik dengan corak parlementer dibagian Eropa Selatan. Italia berbatasan dengan Perancis, Swiss, Austria, dan Slovenia di sepanjang Pegunungan Alpen di utara. Selain Semenanjung Italia, negara ini juga meliputi Sisilia dan Sardinia (dua pulau terbesar di Laut Tengah), beserta banyak pulau lain yang lebih kecil di selatan. Kawasan pesisir negara ini berhadapan dengan Laut Liguria, Laut Tirenia, Laut Ionia, dan Laut Adriatik yang kesemuanya berhubungan langsung dengan Laut Tengah. Negara merdeka San Marino dan Vatikan adalah enklave di Italia, sedangkan Campione d'Italia adalah eksklave Italia di Swiss. Wilayah Italia meliputi kira-kira 301.338 km persegi dan dipengaruhi oleh iklim sedang. Dengan populasi sejumlah 60,8 juta jiwa, Italia merupakan negara berpenduduk terbanyak kelima di Eropa, dan terbanyak ke-23 di dunia.
Negara Italy adalah termasuk paling tua didunia, negara ini terletak dibagian selatan benua Eropa, bentuk negara ini seperti sepatu boot dengan 2 pulau besarRoma ialah ibukota Italia, berabad-abad lamanya, Italia juga merupakan ibu kota kaisaran romawi , setelah jatuhnya kekaisara romawi, italia terus di serang oleh bangsa bangsa lain, Lalu italia terecah menjadi beberapa kota dan negara.Italia merupakan negara republik demokratis, negara ini juga menduduki peringkat peringkat dunia seperti, salah satu negara temasuk negara dengan Indeks Kualitas Hidup terbaik di dunia . juga merupakan pendiri Uni Eropa, WTO, dll.
Pengaruh politik, sosial, dan ekonomi negara ini di Eropa menjadikannya sebagai salah satu kekuatan utama di kawasan. Negara ini memiliki taraf pendidikan umum yang tinggi dan merupakan negara yang sangat global.

Letak Astronomi dan Geografis
      Italia secara astronomi terletak 41°54′ LU 12°29′ BT. Italia terdiri dari semenanjung besar yang menyerupai sepatu boot yang memanjang ke Laut Mediterania, bersama dengan dua pulau besarnya Sisilia dan Sardinia. Di timur-laut adalah Laut Adriatik, di tenggara Laut Ionia, kemudian Laut Tirenia di barat-daya dan Laut Liguria di barat-laut.
Pegunungan Apennina menjadi tulang belakang semenanjung ini, memanjang ke arah barat laut hingga bergabung dengan Alpen, barisan pegunungan yang membentuk lengkungan yang membatasi Italia di sisi utara. Di wilayah ini juga ditemukan dataran alluvial besar, dataran Po-Venesia, yang dialiri oleh Sungai Po dengan banyak anak sungainya mengalir dari Alpen, Apennina dan Dolomites. Sungai terkenal lainnya termasuk Tiber, Adige, dan Arno.
     Titik tertingginya adalah Gunung Blanc (Monte Bianco) pada 4.810 m. Namun demikian, Italia biasanya lebih dikaitkan dengan dua gunung berapi yang terkenal: Vesuvius dekat Napoli yang sekarang ini tidak aktif dan Etna yang sangat aktif di Sisilia

Tata Bahasa
     Tata bahasa Italia banyak memelihara sifat-sifat dalam bahasa Latin dan memiliki banyak kesamaan dengan bahasa-bahasa Roman lainnya. Setiap kata benda tergolong dalam salah satu dari dua genera: maskulin atau feminin. Setiap kata benda berubah akhiran atau bahkan bentuk sesuai dengan jumlah: jamak atau tunggal. Setiap kata kerja tergolong ke dalam salah satu dari 3(tiga) golongan kata kerja -are, -ere, atau -ire. Kata sifat mengikuti kata benda menurut genera dan jumlahnya.
Bahasa Italia adalah sejenis bahasa Roman yang dituturkan oleh sekitar 70 juta orang, mayoritas di Italia. Bahasa Italia Standar adalah berdasarkan dialek Toscana dan semacam campuran bahasa-bahasa di Italia Selatan dan bahasa Gallo-Roman di Utara. Bahasa Italia standar (tanpa terpengaruh dialek manapun) banyak digunakan di kota Siena, provinsi Toscana, Italia,
Standar Toscana yang telah lama digunakan telah mulai terkikis sejak beberapa dekade lamanya oleh bahasa Italia yang dituturkan di Milan, pusat ekonomi Italia. Bahasa Italia mempunyai konsonan ganda, seperti Latin (namun berbeda dari bahasa Gallo-Roman lainnya, seperti bahasa Perancis dan bahasa Spanyol). Akan halnya bahasa Roman lainnya (kecuali bahasa Perancis), tekanan pada pengucapan adalah suatu ciri-ciri yang penting.

Fonologi 
     Dalam bahasa Italia, pengucapan tekanan (stress) hanya dapat diucapkan pada posisi ultima, penultima, dan antepenultima. Penultima adalah suku kata terakhir, penultima adalah suku kata sebelum suku kata terakhir dan antepenultima adala suku kata sebelum penultima.

Suku Bangsa 
     Bangsa Italiano (bahasa Italia: Italiani) merupakan bangsa asli Italia yang secara genetik dan budaya dengan suku Eropa Selatan. Bangsa ini terutama menghuni di Italia. Penduduk kecil Bangsa Ukraina umumnya di Argentina, Perancis, Amerika Serikat, Brasil, Argentina, Kanada, Jerman, Monako dan negara lainnya. Mereka menuturkan bahasa Italia

Sistem Perekonomian Negara Italia
Fasisme adalah suatu paham yang mengedepankan bangsa sendiri dan memandang rendah bangsa lain. Dengan kata lain, fasisme adalah suatu sikap nasionalisme yang berlebihan.
Fasisme dapat menghambat proses multikulturalisme karena bersifat:
– Ultra Nasionalis
– Rasis
– Militeris
– Imperialis

Pariwisata Negara Italia

Italia memiliki banyak objek wisata.Mulai dari perfilman, arsitektur, sejarah Romawi kuno, Koloseum, menara Pisa, fashion di kota Milan, situs kota Pompeii, wisata agama di Vatikan, wisata makanan, seni memasak, galeri seni/lukisan, gedung teater disetiap kota, pemandian air panas, pemandangan alam dan pedesaan.
Italia memiliki banyak tokoh seperti tokoh-tokoh ilmuwan, tokoh agama, penjelajah dan artis-artis/desainer mode fashion, antara lain Paus di Vatikan, Sophia Loren, Leonardo da Vinci, Marcopolo, Gucci, Dolce dan Gabanna, dan Feragamo. Memiliki julukan sebagai "negeri Pizza", Italia adalah produsen ratusan jenis keju dan terkenal dengan Mozzarella nya, produsen mobil Ferari, dan sebagai tempat lahirnya paham Fasisme dan organisasi Mafia Italia
BAB III
Penutup
       Kesimpulan 
     Negara Italy adalah termasuk paling tua didunia, negara ini terletak dibagian selatan benua Eropa, bentuk negara ini seperti sepatu boot dengan 2 pulau besarRoma ialah ibukota Italia, berabad-abad lamanya, Italia juga merupakan ibu kota kaisaran romawi , setelah jatuhnya kekaisara romawi, italia terus di serang oleh bangsa bangsa lain, Lalu italia terecah menjadi beberapa kota dan negara. Bangsa Italiano (bahasa Italia: Italiani) merupakan bangsa asli Italia yang secara genetik dan budaya dengan suku Eropa Selatan.Pengaruh politik, sosial, dan ekonomi negara ini di Eropa menjadikannya sebagai salah satu kekuatan utama di kawasan. Negara ini memiliki taraf pendidikan umum yang tinggi dan merupakan negara yang sangat global.

Saran
     Tema kajian makalah Geografi  yang berjudul  “Negara Italia” ini akan memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan kita akan Negara, dan bagai mana Negara tersebut bisa memajukan dalam segala bidang. Dan dalam dunia pendidikan mempelajari dan mengetahui informasi mengenai Negara maju maupun berkembang sangat penting agar para pendidik dapat mengerti, memahami, dan nantinya kita sebagai calon guru dapat menjelaskan kepada siswa kita.



Daftar Pustaka

http://id.wikipedia.org/wiki/Templat:Peta_Italia_Berlabel

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Italia salah satu negara maju di dunia

    BalasHapus
  3. artikel menarik, komentar juga ya ke blog saya www.belajarbahasaasing.com

    BalasHapus